Jum'at, 20 September 2024
Berdasarkan Permenkes No.10 Tahun 2023 KKP Kelas II Padang berganti nama menjadi Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang • Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju • Call Center / WhatsApp : 0811-6655-595 • Ayo Vaksin Meningitis di KKP Kelas II Padang, Kuota Terbatas.. • BAGI JAMAAH UMROH SILAHKAN VAKSINASI MENINGITIS DI KKP KELAS II PADANG JL.SUTAN SYAHRIR NO.339 NO TELPON 0751 61637 RAWANG PADANG DAN DI WILKER BIM JL.OLO BANGAU NO TLP 0751 4851789 • Pendaftaran Pelayanan Vaksinasi kami berlakukan dengan Sistem Online melalui http://sinkarkes.kemkes.go.id • Bagi Anda Pelaku Perjalanan Ke Arab Saudi, Pastikan Anda Telah Divaksi Meningitis dan Memiliki Buku ICV (International Certificate of Vaccination) • PELANGGAN YANG TERHORMAT, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA, ADMINISTRASI PELAYANAN JASA, KAMI MENERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE MELALUI BANK, ATM, DAN KANTOR POS. • KKP Kelas II Padang Berkomitmen menjadi Wilayah Bebas Dari Korupsi... Berani Jujur...HEBAT!! • Selamat Datang Di Website Resmi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang •
Berita
Info Publik Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang • Sumatera Barat13 Juni 2024 - 08:13 WIB
Apresiasi Tim Mentor atas inisiatif BKK Padang Pada Pembelajaran Tematik COVID-19
Apresiasi Tim Mentor atas inisiatif BKK Padang Pada Pembelajaran Tematik COVID-19

Reporter : Tim COVID-19 BKK Padang • Editor : KKP_Padang2

 

Suatu kebanggaan bagi Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Kelas I Padang karena telah mendapatkan mentoring dari Tim berkompeten pada Pembelajaran Tematik COVID-19 pada tanggal 11 Juni 2024 yang lalu. Pembelajaran ini membahas tentang perkembangan penyakit COVID-19 dan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh BKK Padang dengan mentor dari Tim PHEOC (Public Health Emergency Operation Center), Tim Infeksi Emerging (Inferm) serta Tim Surveilance dan Karantina Kesehatan (SKK) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI.

Pembelajaran tematik ini merupakan inisiatif dari Kepala BKK Padang untuk meningkatkan kompetensi petugas BKK Padang dalam melaksanakan tugas di pintu masuk pelabuhan maupun bandara. Pembelajaran ini dilaksanakan secara daring dan luring yang diikuti oleh seluruh petugas BKK Padang. Tim COVID-19 BKK Padang sebagai penyaji menampilkan data terkini terkait situasi COVID-19 secara global, nasional, serta di wilayah. Pemaparan data ini bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai trend penyebaran COVID-19.

Meski WHO (World Health Organization) telah mencabut status PHEIC (Public Health Emergency of International Concern) atau Kedaruratan Kesehatan yang Meresahkan Dunia (KKMMD) pada tanggal 5 Mei 2023 lalu namun kasus COVID-19 belum dapat dihilangkan sepenuhnya. Terbukti, jumlah kasus COVID-19 yang dilaporkan ke WHO dalam 7 hari terakhir hingga 26 Mei 2024 sebanyak 128.899 kasus konfirmasi baru dengan 366 kematian. Sedangkan kasus konfirmasi COVID-19 di dunia per tanggal 26 Mei 2024 sebanyak 775.552.205 kasus termasuk 7.050.201 kematian.

Sejalan dengan pencabutan PHEIC tersebut, pada tanggal 21 Juni 2023 Presiden Jokowi mengumumkan Indonesia telah memasuki masa endemi penyakit COVID-19. Kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia per 25 Mei 2024 sebanyak 6.829.334 kasus konfirmasi dengan 162.065 kematian. Update Laporan mingguan COVID-19 Kemenkes RI dalam 7 hari terakhir tanggal 19 Mei 2024 - 25 Mei 2024 (minggu ke-22) sebanyak 1.367 kasus aktif dengan 0 kematian. Di Provinsi Sumatera Barat kasus suspek COVID-19 pada tanggal 19 Mei 2024 - 25 Mei 2024 (minggu ke-22) sebanyak 80 kasus suspek dengan 0 kematian, seluruh kasus tersebut terdapat di Kota Padang.

Upaya yang terus dilakukan oleh BKK Padang dalam pemantauan penyakit COVID-19 ini terhadap pelaku perjalanan adalah dengan pemantauan tanda dan gejala juga dilakukan melalui pengukuran suhu badan. Khusus untuk penumpang pesawat pengukuran suhu dilakukan menggunakan peralatan termalscanner saat penumpang turun di bandara. Disamping itu juga dilakukan surveilans penyakit secara terus menerus pada sarana kesehatan yang ada dilingkungan pelabuhan, Aplikasi SKDR (Sistim Kewaspadaan Dini dan Respon) dan website WHO.

Setelah sesi pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan masukan dari para mentor. Mentor dan peserta sangat antusias memberikan tanggapan dan saran berdasarkan data yang disajikan oleh Tim COVID-19 BKK Padang. Mentor juga tidak pelit ilmu dan sharing pengalaman serta perspektif terkait situasi COVID-19.

Para mentor sangat mengapresiasi BKK Padang atas inisiatif Pembelajaran Tematik yang baru pertama kali diadakan oleh BKK di seluruh Indonesia. Pembelajaran ini menjadi kejutan terbaik tahun ini yang diberikan  oleh Satker dalam usaha pendalaman penyakit. Diharapkan langkah baik ini diikuti oleh BKK lain.

Selanjutnya terdapat beberapa saran dari para mentor yakni: sumber data yang dapat diambil dalam analisa COVID-19 yaitu: New allrecord, Dashboard BOR, SKDR, GISAID dan Media Monitoring. Koordinasi dengan wilayah dan notifikasi kasus suspect dipintu masuk agar terus dilakukan. Disamping itu penguatan surveilance kasus di wilayah perlu terus dilakukan dan yang tidak kalah pentingnya adalah kesiapan petugas atas kemungkinan terjadinya kasus pandemi baru lainnya.

Melalui pembelajaran tematik ini diharapkan kompetensi petugas BKK Padang semakin meningkat sehingga mampu menjadi ujung tombak penjaga pintu masuk pelabuhan dan bandara dari ancaman penyakit. Nakes hebat, Negara Sehat. Salam Sehat.

Pengarah : dr. Mawari Edy, M.Epid (Kepala BKK Kelas I Padang)

Penulis : Tim COVID-19 BKK Padang

 

Link Youtube Pembelajaran Tematik COVID-19 :

Pembelajaran Tematik : Covid-19

Link Materi Pembelajaran COVID-19 : 

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) 

Hit: 82

 

Komentar Anda

Aplikasi BKK

Survei Kepuasan Pelanggan


Keterangan:

   Excellent    Good    Average    Bad    Very Bad

Agenda Kegiatan

Kamis, 11 Juli 2024

  • » 
    Pemeriksaan Kualitas Udara
  • » 
    Survei Faktor Risiko Penyakit DBD Kategori I

Agenda Kegiatan Lainnya

Video Terbaru

Media Sosial :

Layanan Telpon : 0751-61637