Jum'at, 18 Oktober 2024
Berdasarkan Permenkes No.10 Tahun 2023 KKP Kelas II Padang berganti nama menjadi Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang • Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju • Call Center / WhatsApp : 0811-6655-595 • Ayo Vaksin Meningitis di KKP Kelas II Padang, Kuota Terbatas.. • BAGI JAMAAH UMROH SILAHKAN VAKSINASI MENINGITIS DI KKP KELAS II PADANG JL.SUTAN SYAHRIR NO.339 NO TELPON 0751 61637 RAWANG PADANG DAN DI WILKER BIM JL.OLO BANGAU NO TLP 0751 4851789 • Pendaftaran Pelayanan Vaksinasi kami berlakukan dengan Sistem Online melalui http://sinkarkes.kemkes.go.id • Bagi Anda Pelaku Perjalanan Ke Arab Saudi, Pastikan Anda Telah Divaksi Meningitis dan Memiliki Buku ICV (International Certificate of Vaccination) • PELANGGAN YANG TERHORMAT, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA, ADMINISTRASI PELAYANAN JASA, KAMI MENERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE MELALUI BANK, ATM, DAN KANTOR POS. • KKP Kelas II Padang Berkomitmen menjadi Wilayah Bebas Dari Korupsi... Berani Jujur...HEBAT!! • Selamat Datang Di Website Resmi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang •
Berita
Info Publik Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang • Sumatera Barat20 Juni 2024 - 10:19 WIB
Pembelajaran Tematik: Waspada Meningitis
Pembelajaran Tematik: Waspada Meningitis

Reporter : Tim Meningitis BKK Padang • Editor : KKP_Padang2

 

Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Kelas I Padang kembali mengadakan kegiatan pembelajaran tematik pada tanggal 19 Juni 2024 dengan tema “Meningitis”. Pembelajaran ini membahas tentang penyakit meningitis dan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh BKK Padang dengan mentor dari Tim Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan (SKK) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Tim Penyakit Infeksi Emerging (Inferm), Tim PHEOC (Public Health Emergency Operation Center), dan Pengurus Gerbang Prima Nusantara (GEMANUSA).

Pembelajaran tematik meningitis bertujuan untuk meningkatkan kompetensi petugas BKK Padang dalam melaksanakan tugas di pintu masuk Pelabuhan maupun bandar udara. Pembelajaran ini dilaksanakan secara daring dan luring yang diikuti oleh seluruh petugas BKK Padang, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan Kab/Kota di Sumatera Barat.

Berdasarkan data dari tim infeksi emerging, pada minggu ke-22 tahun 2024 terdapat penambahan laporan di Taiwan (+ 1 konfirmasi) dan Australia (+ 2 konfirmasi). Pada Minggu ke-21 dilaporkan tambahan kasus di Amerika Serikat (+ 6 konfirmasi) dan Norwegia ( + 1 konfirmasi). Total kasus yang dilaporkan pada tahun 2024 sebanyak 9.605 kasus meningitis dengan 920 kasus konfirmasi meningitis meningokokus dan 684 kematian (CFR dari kasus meningitis : 7,12%). Sedangkan untuk wilayah Indonesia belum pernah dilaporkan kasus konfirmasi meningitis meningokokus.

Upaya yang dilakukan Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Padang adalah pelayanan vaksin meningitis pada pelaku perjalanan di pintu masuk (pelabuhan atau bandar udara). Hal ini merupakan wujud nyata cegah tangkal penyakit dan faktor risiko kesehatan potensi wabah dalam melindungi masyarakat. Selain itu melakukan pemantauan tanda dan gejala melalui pengukuran suhu badan pada kedatangan jemaah haji dan jemaah umroh maupun pelaku perjalanan.

Setelah sesi pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penyampaian materi tambahan dari mentor. Beberapa saran dari para mentor yakni: Pemberian pengebalan berupa vaksinasi dan /atau profilaksis di pintu masuk dan pelabuhan atau bandar udara yang melayani lalu lintas domestik merupakan wujud nyata cegah tangkal penyakit dan faktor risiko kesehatan potensi wabah dalam melindungi masyarakat nasional maupun global.

Melalui pembelajaran tematik ini diharapkan kompetensi petugas BKK Padang semakin meningkat sehingga mampu menjadi ujung tombak penjaga pintu masuk Pelabuhan dan bandara dari ancaman penyakit.

 

Pengarah : dr. Mawari Edy, M.Epid (Kepala BKK Kelas I Padang)

Penulis : Tim COVID-19 BKK Padang

 

Link Youtube Pembelajaran Tematik Meningitis:

Pembelajaran Tematik : Meningitis

 

Link Materi Pembelajaran Meningitis : 

Materi Meningitis

Hit: 391

 
 

Komentar Anda

Aplikasi BKK

Survei Kepuasan Pelanggan


Keterangan:

   Excellent    Good    Average    Bad    Very Bad

Agenda Kegiatan

Kamis, 11 Juli 2024

  • » 
    Pemeriksaan Kualitas Udara
  • » 
    Survei Faktor Risiko Penyakit DBD Kategori I

Agenda Kegiatan Lainnya

Video Terbaru

Media Sosial :

Layanan Telpon : 0751-61637